Senin, 01 November 2010

IPConfig

Sebagai administrator jaringan, helpdesk teknisi, dan pengguna home PC, ipconfig dapat menjadi perintah yang sangat berguna. Jika Anda mengalami masalah dengan jaringan atau koneksi jaringan, ipconfig sering langkah pertama dalam mengatasi masalah-masalah.


ipconfig adalah alat command-line, sehingga Anda harus membuka command prompt untuk menggunakannya (kecuali jika Anda menjalankan versi DOS). Dalam Windows XP, klik menu Start, kemudian Run, dan ketik "cmd" di kotak teks dan klik OK. Dalam Windows Vista, atau 7, klik di menu Start dan ketik "perintah" di bar pencarian dan tekan Enter. (Atau Anda dapat melakukannya dengan cara lain juga).



Ketika kamu mengetikkan "ipconfig" pada command prompt dan tekan Enter, Anda akan melihat daftar singkat pengaturan konfigurasi jaringan Anda saat ini, jika Anda terhubung ke jaringan. (Jika Anda tidak terhubung ke jaringan, di samping Media Negara itu akan berkata "Media Media disconnected"). Alamat IP Anda akan ditampilkan, seperti yang akan subnet mask dan default gateway.



Jika Anda memiliki lebih dari satu kartu jaringan - misalnya, jika Anda memiliki port Ethernet pada laptop Anda, tetapi Anda juga memiliki koneksi nirkabel - informasi maka IP akan ditampilkan untuk sambungan mana yang sedang digunakan, dan interface jaringan yang lainnya akan menunjukkan "Media disconnected."



Dengan mengetik "ipconfig/" semua, Anda dapat melihat informasi jaringan yang lebih rinci. Anda akan melihat deskripsi dari masing-masing interface jaringan yang telah Anda gunakan (seperti "Broadcom Gigabit Controller" atau "Dell Wireless WLAN Mini-PCI Card") serta alamat IP dari server DHCP Anda(s), DNS server(s), dan server WINS. Anda juga akan melihat tampilan jaringan setiap alamat MAC (diberi label "Physical Address"). Jika Anda menggunakan DHCP, Anda juga akan melihat ketika saat ini Anda DHCP sewa diperoleh dan bila diatur akan berakhir.



Jika Anda mengalami masalah jaringan connectivity, dan Anda ingin memutuskan sambungan baik sementara atau mendapatkan alamat IP yang baru, Anda dapat menggunakan ipconfig untuk melakukan itu. Ketik "ipconfig/release" untuk melepas alamat IP Anda saat ini. (Ini akan memutuskan sambungan Anda dari jaringan Anda) Lalu., Jika Anda ingin mendapatkan alamat IP yang baru, ketik "ipconfig/renew".



ipconfig adalah perintah yang berguna untuk menampilkan informasi jaringan dan troubleshooting masalah connectivity. Untuk mengetahui beberapa fungsi yang lebih maju yang ipconfig dapat melakukan (seperti flushing cache DNS resolver) ketik "ipconfig/?" pada command prompt.

by : www.ganefo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar